Preview & Prediksi Kualifikasi Euro: Spanyol vs Ukraina

Juara bertahan Spanyol bakal saling sikut dengan Ukraina untuk bisa lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis. Kedua tim sama-sama mengantongi 9 poin di grup C, dengan Spanyol berada di posisi runner up berkat keunggulan selisih gol.
Spanyol perlu bangkit setelah menelan kekalahan mengejutkan dari Slovakia di bulan September lalu. Kekalahan tersebut membuat La Furia Roja tertinggal 3 poin dari Slovakia yang berhasil menyapu bersih poin dari 4 laga yang sudah mereka lakoni.

Spanyol punya bekal kepercayaan diri tinggi setelah tak terkalahkan di 29 laga kompetitif terakhir bermain di kandang sendiri (menang 25 kali, imbang 4 kali). Selain itu, pasukan Vicente del Bosque juga mencatatkan kemenangan di dua laga terakhir melawan Ukraina.

Namun sayangnya Spanyol tak bisa turun dengan kekuatan penuh di lini depan. Striker naturalisasi andalan mereka, Diego Costa tak bisa turun akibat cedera hamstring saat membela Chelsea.

Alvaro Morata sebagai satu-satunya striker murni di skuat Spanyol saat ini diprediksi akan menggantikan posisi Costa sebagai ujung tombak. Melengkapi trisula di lini depan, David Silva dan Pedro bakal membantu pergerakan Morata dari kedua sisi.

Di lini tengah, satu tempat sudah menjadi milik Sergio Busquets. Sedangkan dua tempat tersisa akan diperebutkan Isco, Koke dan Cesc Fabregas. Untuk posisi penjaga gawang, Iker Casillas kemungkinan akan dipertahankan meski penampilannya bersama Real Madrid tengah menurun.

Sementara Ukraina juga pernah takluk dari Slovakia pada awal babak kualifikasi. Tetapi setelah kekalahan itu, Ukraina bangkit dengan mencatatkan tiga kemenangan beruntun tanpa pernah kebobolan.

Bertandang ke markas Spanyol, Ukraina bakal tanpa gelandang enerjik mereka, Sergiy Sydorchuk. Pemain Dynamo Kyiv tersebut meninggalkan skuat timnas karena cedera dan digantikan oleh Serhiy Rybalka.

Tetapi kekuatan utama Ukraina dipastikan akan tetap berbahaya dari kedua sisi. Dua pemain sayap andalan Ukraina Konoplyanka dan Yarmolenko, siap memberikan mimpi buruk kepada barisan pertahanan Spanyol.

Perkiraan Susunan Pemain
Spanyol (4-3-3): Casillas; Alba, Ramos, Pique, Juanfran; Isco, Busquets, Fabregas; Silva, Morata, Pedro.
Ukraina (4-2-3-1): Pyatov; Shevchuk, Rakitskiy, Khacheridi, Fedetskiy; Tymoshchuk, Stepanenko; Konoplyanka, Oliynyk, Yarmolenko; Zozulya.

Statistik Kedua Tim
Head to Head
14/06/06 Spanyol 4 – 0 Ukraina (Piala Dunia)
11/09/03 Spanyol 2 – 1 Ukraina (Kualifikasi Euro)
30/03/03 Ukraina 2 – 2 Spanyol (Kualifikasi Euro)

Lima Laga Terakhir Spanyol
(M-K-M-M-K)
09/09/14 Spanyol 5 – 1 Macedonia (Kualifikasi Euro)
10/10/14 Slovakia 2 – 1 Spanyol (Kualifikasi Euro)
13/10/14 Luksemburg 0 – 4 Spanyol (Kualifikasi Euro)
16/11/14 Spanyol 3 – 0 Belarusia (Kualifikasi Euro)
19/11/14 Spanyol 0 – 1 Jerman (Uji Coba)

Lima Laga Terakhir Ukraina
(K-M-M-M-S)
09/09/14 Ukraina 0 – 1 Slowakia (Kualifikasi Euro)
10/10/14 Belarusia 0 – 2 Ukraina (Kualifikasi Euro)
12/10/14 Ukraina 1 – 0 Macedonia (Kualifikasi Euro)
16/11/14 Luksemburg 0 – 3 Ukraina (Kualifikasi Euro)
19/11/14 Ukraina 0 – 0 Lithuania (Uji Coba)

Prediksi Skor
Pertemuan kedua tim adalah laga penting di Grup C dengan keduanya bakal bersaing memperebutkan posisi runner up sebagai slot terakhir yang akan melaju mulus ke putaran final Euro 2016. Kedua tim sama-sama mengantongi 9 poin dengan Spanyol berada di posisi runner up berkat keunggulan selisih gol.

Spanyol bakal tetap menjadi favorit pemenang di laga ini, tetapi mereka tetap harus mewaspadai Ukraina. Pasalnya tim asuhan Mikhail Fomenko ini kuat di area pertahanan, terbukti dengan tak pernah kebobolan di liga laga terakhir.

Laga bakal berjalan ketat mengingat kedua tim masih berpeluang berada di posisi runner up. Spanyol masih lebih superior dengan materi pemain yang lebih mengkilap, tetapi mereka tidak akan menang dengan margin lebar. Bola.net memprediksi kemenangan 2-1 untuk Spanyol.

Preview & Prediksi Kualifikasi Euro: Spanyol vs Ukraina
Tagged on: