Pertandingan Sevilla vs Manchester United dalam semifinal Liga Eropa 2019/2020 berlangsung di Stadion Rhein Energie, Koln, Jerman, pada Senin (17/8/2020) dini hari pukul 02.00 WIB. Duel kedua tim diprediksi bakal berjalan sengit, kendati Sevilla unggul dalam rekor head to head.
Sevilla dan Man Utd tercatat sudah 3 kali saling bertemu, 1 kali dalam laga persahabatan, sementara 2 sisanya dalam duel 16 besar Liga Champions musim 2017/2018. Dari 3 pertemuan tersebut, Sevilla unggul lewat 2 kemenangan dan 1 kali seri.

Adapun jelang laga semifinal Liga Eropa performa kedua tim boleh dibilang cukup berimbang. Sevilla mengakhiri Laliga Spanyol dengan finis di peringkat 4, sementara Man Utd menutup Liga Primer Inggris di urutan ke-3. Musim depan kedua tim telah dipastikan berlaga di ajang Liga Champions.

Torehan kedua tim dalam kompetisi Liga Eropa musim ini juga nyaris serupa. Man Utd hanya menelan 1 kalah dalam 11 laga, dan sisa laga lainnya berakhir dengan 8 kemenangan serta 2 kali seri. Sedangkan Sevilla juga menelan 1 kalah dari 10 laga, dengan 7 kemenangan dan 2 imbang.

Dari sisi produktivitas, Man Utd tercatat lebih baik ketimbang Sevilla, meski dari segi pertahanan keduanya tetap sama kuat. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer berhasil membukukan 24 gol dan berbanding hanya 4 kali kebobolan. Di lain pihak, Sevilla sudah membukukan 18 gol sepanjang Liga Eropa musim ini, dan juga hanya kemasukan 4 gol saja.

Jelang semifinal pelatih Sevilla, Julen Lopetegui, mengaku jika rival mereka nanti merupakan salah satu tim terbaik di dunia. Ia juga menilai bahwa komposisi Man Utd saat ini merupakan salah satu yang terbaik dalam beberapa tahun terakhir.

“Hanya ada beberapa tim di dunia seperti Manchester United, sebagai sebuah klub dengan kualitas yang mereka miliki. Ini adalah salah satu tim terbaik Manchester United dalam beberapa tahun terakhir, mereka punya pemain bagus yang telah mencapai hasil luar biasa. Ini adalah tim dengan level tinggi,” terang, Julen Lopetegui, dikutip dari laman resmi Sevilla.

“Ini merupakan semifinal Liga Eropa, satu-satunya hal yang mendorong kami adalah ambisi, kegembiraan, dan keinginan untuk berkompetisi menghadapi yang sudah saya katakan, lawan yang hebat,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu penggawa Setan Merah, Nemanja Matic, menyebut bahwa ia bersama anggota skuad yang lain telah siap untuk menghadapi semifinal. Pemain berposisi gelandang bertahan itu dengan percaya diri mengatakan tinggal 2 laga yang perlu dimenangkan untuk merebut trofi juara. “Kami berada di semifinal Europa League, dan kami tahu kami perlu memenangkan dua pertandingan lagi untuk mendapatkan trofi,” ucap Nemanja Matic. “Saya pikir semua orang senang dan siap untuk semifinal.

Kami akan melawan Sevilla yang juga merupakan tim bagus. Ini menjadi tantangan besar bagi kami untuk melihat sejauh mana kami saat ini, dan kami tak sabar untuk bermain pada hari Minggu (Senin dini hari),” jelas pemain asal Serbia tersebut.

Kondisi Terkini Kedua Tim Ole Gunnar Solskjaer dipaksa putar otak untuk menentukan komposisi yang tepat dalam laga ini, lantaran 3 pemain belakang Setan Merah dipastikan absen karena cedera. Mereka adalah Phil Jones, Luke Shaw, dan Axel Tuanzebe.

Di samping itu, tingkat kebugaran salah satu andalan barisan depan Man Utd, Marcus Rashford, dikabarkan juga belum sepenuhnya pulih, usai menjalani duel hingga perpanjangan waktu saat menyingkirkan Copenhagen di fase 8 besar. Sementara di kubu Sevilla, pelatih Julen Lopetegui, hanya memiliki persoalan dari gelandang, Nemanja Gudelj, yang dikabarkan masih bermasalah dengan tingkat kebugaran. Sedangkan sisa skuad Los Nervionenses yang lain dikabarkan siap diturunkan.

Sementara di kubu Sevilla, pelatih Julen Lopetegui, hanya memiliki persoalan dari gelandang, Nemanja Gudelj, yang dikabarkan masih bermasalah dengan tingkat kebugaran. Sedangkan sisa skuad Los Nervionenses yang lain dikabarkan siap diturunkan.

Perkiraan Susunan Pemain

Sevilla (4-3-3):
Yassine Bounou; Sergio Reguilon, Jules Kounde, Diego Carlos, Jesus Navas; Ever Banega, Fernando, Joan Jordan; Lucas Ocampos, Youssef En-Nesyri, Suso.

Pelatih: Julen Lopetegui
Manchester United (4-2-3-1):

Sergio Romero; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Brandon Williams; Nemanja Matic, Paul Pogba; Mason Greenwood, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial. Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Head to Head (H2H) Sevilla vs Manchester United 14/03/2018,
Manchester United vs Sevilla (1-2) 22/02/2018,
Sevilla vs Manchester United (0-0) 10/08/2013,
Manchester United vs Sevilla (1-3)

Hasil 5 Laga Terakhir Sevilla 12/08/2020,
Wolverhampton Wanderers vs Sevilla (0-1) 06/08/2020,
Sevilla vs AS Roma (2-0) 20/07/2020,
Sevilla vs Valencia (1-0) 17/07/2020,
Real Sociedad vs Sevilla (0-0) 13/07/2020,
Sevilla vs Mallorca (2-0)

Hasil 5 Laga Terakhir Manchester United 11/08/2020,
Manchester United vs Copenhagen (1-0) 06/08/2020,
Manchester United vs LASK (2-1) 26/07/2020,
Leicester City vs Manchester United (0-2) 23/07/2020,
Manchester United vs West Ham United (1-1) 20/07/2020,
Manchester United vs Chelsea (1-3)

Prediksi :
Manchester United Vs Sevilla ( 2 – 1 )

Prediksi Pertandingan Sevilla vs Manchester United
Tagged on: